Jakarta, 12 Oktober 2023 – Setelah sukses menggelar acara Makassar Direct Sale (MDS) di berbagai kota seperti Kendari, Surabaya, Balikpapan, dan Ambon, Dinas Pariwisata Kota Makassar memperluas jangkauan program ini ke Kota Jakarta. Acara ini diadakan pada hari Kamis, 12 Oktober, di Hotel Best Western Premier The Hive, Jakarta.
MDS melibatkan 30 seller dari Makassar yang secara langsung melakukan Business to Business (B to B) dengan pembeli, tidak hanya dari Jakarta, tetapi juga dari kota-kota sekitarnya (Jabodetabek). Kegiatan ini mendapat dukungan dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel serta Asosiasi Tours and Travel (ASITA) Sulsel.
Ketua Perhimpunan Hotel Seluruh Indonesia Anggiat Sinaga menuturkan, ada peningkatan pada okupansi perhotelan lewat program Makassar Direct Sale (MDS) yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar.
Yulianti Jabir, Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dispar Makassar, menjelaskan bahwa MDS memiliki misi penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Makassar. “Kami mendukung dan memfasilitasi para penjual dari agen perjalanan, termasuk perhotelan, untuk memasarkan destinasi pariwisata di Makassar”.
Dia juga menekankan bahwa Jakarta adalah kota terakhir yang menjadi lokasi MDS tahun ini, dan Dinas Pariwisata Kota Makassar berharap program ini akan terus berlanjut di tahun depan. MDS diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Makassar, berdasarkan hasil yang positif dari acara sebelumnya di empat kota.
Muhammad Roem, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya melaksanakan program-program yang mendorong peningkatan jumlah wisatawan, baik lokal maupun internasional di Makassar. Program MDS ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung target nasional 1,2-1,4 Milyar pergerakan wisatawan nusantara. Kadispar Makassar juga menambahkan bahwa MDS juga mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Makassar. Tahun lalu, data peringkat 1 investasi di Makassar yaitu sektor perhotelan dan restoran yang mencapai Rp1 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa iklim investasi di Makassar sangat baik untuk sektor hotel dan restoran.
Sementara itu, mewakili Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Kepala Sub Kelompok Tenaga Kerja Urusan Pariwisata, Jonie P. Rumimper mengapresiasi kegiatan MDS ini. Kegiatan ini memiliki makna yang positif dalam mendukung program pemerintah dengan target 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan di seluruh Indonesia.
“Selamat atas kegiatan Makassar Direct Sale 2023. Semoga kegiatan ini secara rutin meningkatkan kerjasama dan mengembangkan Makassar,” jelasnya.
Menurutnya, kolaborasi antara stakeholder ini akan menstimulus kemajuan pariwisata, terutama melalui implementasi kolaborasi pentahelix, yang terdiri atas akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah, dan pers sebagai bagian dari publikasi,” ujarnya.