Oleh-Oleh Khas

Pada daftar ini adalah oleh-oleh yang cocok untuk memperkenalkan cita rasa rasa Makassar yang lebih mudah diterima bahkan oleh yang baru pertama kali, dapat dinikmati di momen santai bersama keluarga, teman, atau cemilan dan minuman pribadi.

Kopi Toraja

Kopi Toraja adalah salah satu kopi terbaik di dunia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kopi ini memiliki cita rasa yang unik dan khas, dengan aroma yang kuat dan kaya rasa. Kopi Toraja ditanam di ketinggian 1.400 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut (mdpl), di daerah pegunungan Toraja. Kondisi iklim dan tanah di daerah ini sangat cocok untuk pertumbuhan kopi, sehingga menghasilkan kopi dengan kualitas yang tinggi.

Otak-Otak

Selain olahan daging sapi, olahan ikan juga menjadi salah satu yang bisa ditemui di Makassar. Otak-otak terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu, telur, dan bumbu-bumbu. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus atau dipanggang.

Jalangkote & Lumpia

Walau berbeda Jalangkote dan lumpia adalah dua oleh-oleh khas yang punya karakter mirip, Kedua hidangan ini terbuat dari kulit yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan berbagai macam bahan, seperti sayuran, daging, dan telur. Keduanya cocok dimakan sebagai kudapan dan menjadi salah satu oleh-oleh andalan.

Kacang Disco

Bukan kudapan khas diskotik tapi, Kacang disco adalah camilan olahan kacang tanah yang dilapisi dengan tepung adonan yang kemudian digoreng hingga renyah. Kacang disco biasanya dijual dalam kemasan plastik atau toples.

CARA BERMAIN KUTAMA

KUTAMA adalah permainan kartu yang dimainkan oleh minimal 2 orang. Jumlah kartunya adalah 32 buah, dengan 8 kelompok kartu yang masing-masing terdiri dari 4 kartu satuan.

Tugas pemain adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya kelompok kartu (kuartet) dari 8 kelompok kartu tersebut. Pemain yang berhasil mengumpulkan kuartet atau nilai terbanyak adalah pemenangnya.

1. Ajaklah minimal 2 orang teman agar jumlah minimal 3 orang terpenuhi sebelum mulai memainkan KUTAMA.
2. Kumpul dan satukan semua kartu ke dalam satu tumpukan, lalu kocok agar kategorinya teracak sebelum dibagikan.

3. Selanjutnya bagikan masing-masing empat kartu secara acak untuk tiap pemain. Sisanya dapat ditumpuk di tengah.

4. Untuk menentukan urutan memulai permainan, bisa dimulai dari pemain dengan usia paling muda atau bisa hompimpa.

5. Permainan dimulai dengan pemain yang mendapat urutan pertama meminta kartu kepada salah seorang pemain.

6. Untuk meminta kartu, pemain harus menyebut kategori utama dan nama kartu. Misal, Produk Khas lalu meminta kartu Sirup DHT.

7. Jika pemain yang dimintai kartu memiliki kartu yang diminta, ia harus menyerahkan pada pemain yang meminta.

8. Namun, jika tidak ada yang mempunyai kartu tersebut, pemain harus mengambil satu kartu dari tumpukan kartu yang masih ada.

9. Selanjutnya giliran akan berpindah pada pemain yang duduk di sisi kanan pemain pertama untuk melanjutkan permainan.

10. Tujuan utama dari setiap pemain adalah berusaha mengumpulkan empat kartu dalam satu kelompok kategori yang sama.
11. Jika ada yang berhasil mengumpulkan satu seri kategori berisi empat kartu maka artinya ia akan mendapatkan nilai.

12. Setiap pemain yang berhasil mengumpulkan satu seri meletakkan keempat kartu tersebut di hadapannya dan mendapat 1 nilai perseri.

13. Permainan dapat dikatakan berakhir ketika seorang pemain telah kehabisan kartu dan tidak ada kartu sisa di tumpukan.

14. Dalam hal ini, pemain yang berhasil mengumpulkan nilai terbanyak dalam satu periode permainan adalah pemenangnya.